Langsung ke konten utama

18 Hal yang Dokter Anda Ingin Anda Ketahui Tentang Masalah Tiroid

Diperkirakan 1 dari 10 orang Kanada menderita kondisi tiroid dari satu jenis atau lainnya. Dari mereka, sebanyak 50 persen tidak terdiagnosis. Inilah yang dokter ingin Anda ketahui.

18 Hal yang Dokter Anda Ingin Anda Ketahui Tentang Masalah Tiroid
18 Hal yang Dokter Anda Ingin Anda Ketahui Tentang Masalah Tiroid

1. Apa tiroidmu?


"Tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang berada di depan leher," kata Archana Durga Narla , MD, seorang ahli endokrin di Crystal Run Healthcare di West Nyack, New York. "Itu membuat hormon tiroid [kebanyakan triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4)] yang digunakan oleh banyak sistem organ di seluruh tubuh."

2. Seberapa penting hormon tiroid


Hormon-hormon yang diproduksi tiroid Anda dibawa melalui aliran darah ke seluruh tubuh Anda, dan mereka mengarahkan sistem-sistem vital tubuh seperti metabolisme Anda, detak jantung Anda, otak Anda, dan otot-otot Anda. Mereka juga membantu merangsang dan mengatur seberapa efisien tubuh Anda menggunakan energi.

3. Hipertiroid adalah salah satu penyakit tiroid yang paling umum


Menurut National Institutes of Health , 1,2 persen orang di AS menderita hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) —kurangnya satu dari 100 orang. Wanita dua sampai 10 kali lebih mungkin mengalami hipertiroidisme daripada pria, dan itu paling sering disebabkan oleh respons autoimun dari tubuh. Sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid, menyebabkan kelenjar berperilaku tidak menentu, kata Dr. Narla.

4. Penyakit Graves adalah penyebab paling umum dari hipertiroidisme


NIH mengatakan penyakit Graves menyerang 1 dari 200 orang — paling umum mereka yang berusia antara 30 dan 50 tahun; sekali lagi, wanita lebih rentan terhadap penyakit daripada pria. Penyakit Graves adalah jenis penyakit autoimun yang menyerang tiroid. Orang-orang dengan riwayat keluarga Grave 'atau kondisi autoimun terkait seperti rheumatoid arthritis, lupus, diabetes tipe 1, atau penyakit celiac nantinya dapat mengembangkan penyakit Grave.

5. Gejala hipertiroidisme dapat bervariasi


"Hipertiroid dapat muncul dengan gejala mulai dari kelelahan hingga mudah marah," kata Erik Polan, DO , asisten profesor di Philadelphia College of Osteopathic Medicine. "Gejala umum juga termasuk gondok (kelenjar tiroid yang membesar), detak jantung tidak teratur (fibrilasi atrium), diare, insomnia, penurunan berat badan, tremor, dan intoleransi panas."

6. Hipertiroidisme dapat membuat Anda merasa lebih berenergi


"Pasien dengan hipertiroidisme sering mengalami peningkatan energi karena metabolisme yang lebih aktif," kata Dr. Narla. "Tapi ini tidak berkelanjutan, sehingga dari waktu ke waktu pasien sering mengalami kelelahan juga."

7. Hipertiroidisme biasanya memiliki tiga pilihan perawatan


Untuk mengelola hipertiroidisme, dokter dan pasien dapat memilih antara tiga pendekatan yang berbeda. Menemukan yang tepat akan tergantung pada penyebab yang mendasari gangguan, preferensi pasien, dan segala risiko potensial berdasarkan riwayat kesehatan pasien, kata Dr. Narla. Pilihannya termasuk obat-obatan seperti methimazole atau propylthiouracil untuk mengontrol fungsi tiroid, operasi pada kelenjar, atau prosedur yang disebut ablasi radioaktif yodium, yang membunuh sebagian atau seluruh tiroid.

8. Kasus yang parah dapat berubah menjadi badai tiroid


Kelebihan produksi hormon tiroid yang tiba-tiba disebut badai tiroid dan memerlukan rawat inap untuk mengelola kondisinya. Gejalanya meliputi demam tinggi di atas 100,5 100F, diare, muntah, dan, dalam kasus yang ekstrim, pingsan dan kehilangan kesadaran. Badai tiroid juga dapat terjadi akibat mengobati kondisi dengan yodium radioaktif, terutama pada pasien dengan penyakit Graves.

9. Ekstrem lainnya: hipotiroidisme


Ini adalah kebalikan dari tiroid yang hiperaktif. Hipotiroidisme berarti kelenjar melambat dan gagal menghasilkan hormon yang cukup. National Institutes of Health mengatakan bahwa 4,6 persen populasi AS di atas usia 12 menderita hipotiroidisme ringan, atau lima dari 100 orang. Seperti halnya hipertiroidisme, wanita lebih rentan terhadap kondisi tersebut, terutama wanita di atas usia 60 tahun. Sekali lagi, penyebab yang biasa adalah sistem kekebalan tubuh yang menyerang tiroid secara tidak sengaja, kata Dr. Narla, yang mengakibatkan kerusakan sel-sel tiroid dan enzim yang dibutuhkan untuk membuat hormon tiroid.

10. Penyakit Hashimoto adalah penyebab utama hipotiroidisme


Gangguan autoimun yang paling umum yang mengarah ke hipotiroidisme disebut penyakit Hashimoto, menurut NIH: Penyakit ini menyerang lima dari 100 orang di AS antara usia 40 hingga 60 tahun. Seperti Graves, wanita berisiko lebih tinggi, dan memiliki penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, lupus, diabetes tipe 1, atau penyakit celiac (untuk beberapa nama) memperburuk peluang Anda. Mengapa beberapa orang mengembangkan penyakit Grave versus penyakit Hashimoto sebagian besar masih belum diketahui, tetapi para peneliti berpikir itu adalah kombinasi gen dan virus potensial.

11. Gejala-gejala hipotiroidisme dapat berhubungan dengan suasana hati


“Mengingat tiroid berperan dalam berbagai proses metabolisme dalam tubuh, hipotiroidisme akan muncul dengan gejala yang konsisten dengan perlambatan seperti intoleransi dingin, mudah lelah, kulit kering, sembelit, perubahan memori, dan depresi,” Dr. Narla kata. Dr Polan menambahkan bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur, selain gejala-gejala ini, juga bisa mengarah ke masalah tiroid.

12. Anda dapat dilahirkan dengan hipotiroidisme


Hipotiroidisme bawaan adalah ketika bayi tidak menghasilkan cukup hormon tiroid . Ini paling sering terjadi ketika kelenjar tiroid bayi gagal berkembang dengan baik di dalam rahim. Hipotiroidisme bawaan mempengaruhi sekitar satu dari 2.000 hingga 4.000 bayi baru lahir dan dua kali lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Sementara beberapa bayi dengan kondisi ini mungkin tidur lebih banyak dari biasanya dan menderita sembelit, sifat-sifat ini sering terjadi pada banyak bayi baru lahir. Itu sebabnya dokter akan melakukan tes darah tumit-tusukan beberapa hari setelah lahir untuk mencari masalah tiroid.

13. Obat adalah pengobatan paling umum untuk hipotiroidisme


Untuk menggantikan hormon tiroid yang hilang, kata Dr. Narla, dokter akan meresepkan obat seperti levothyroxine, yang dapat menopang kadar hormon.

14. Hipotiroidisme dapat menyebabkan koma


Dalam situasi yang langka dan mengancam jiwa, kadar hormon tiroid yang sangat rendah dapat memicu apa yang dikenal sebagai koma miksedema . Ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap pembedahan, infeksi, gagal jantung, stroke, atau gagal minum obat tiroid. Seorang pasien akan merasa sangat lemah dan kehilangan kesadaran. Siapa pun dengan hipotiroidisme yang mengalami perubahan dramatis dalam kondisi mental mereka atau pembengkakan kaki dan tangan harus langsung pergi ke UGD untuk perawatan medis.

15. Penyakit Hashimoto dan penyakit Graves dapat memicu tiroiditis


The American Thyroid Association mendefinisikan tiroiditis sebagai tiroid yang meradang atau bengkak. Sementara penyakit Hashimoto adalah salah satu penyebab utama, ada faktor lain yang dapat memicu masalah ini. Tiroiditis dapat menyerang setelah melahirkan (tiroiditis pascapartum) atau setelah tertular virus (dikenal sebagai tiroiditis subakut). Beberapa obat juga dapat menyebabkan tiroiditis, terutama yang dengan kandungan yodium lebih tinggi.

16. Tiroiditis dapat menyebabkan gondok


Penyakit Hashimoto, penyakit Graves, dan nodul tiroid — pertumbuhan yang dipenuhi kista yang dipenuhi jaringan atau cairan dan biasanya tidak terlihat sampai menjadi besar — ​​dapat menyebabkan kelenjar tiroid yang membesar secara permanen yang disebut gondok. Selain pembengkakan yang terlihat, gejala gondok termasuk batuk, suara serak, kesulitan bernapas atau menelan, dan perasaan tegang di tenggorokan. Gondok biasanya memerlukan rencana perawatan yang serupa dengan hipertiroidisme atau hipotiroidisme, tergantung pada riwayat kesehatan pasien.

17. Perhatikan kanker tiroid


Di Kanada, kanker tiroid adalah salah satu dari sepuluh jenis kanker paling umum yang menyerang orang Kanada . Sekitar 1,2 persen pria dan wanita akan didiagnosis menderita kanker tiroid seumur hidup mereka. Untungnya tingkat kelangsungan hidup tinggi, NCI melaporkan, dengan tingkat kelangsungan hidup lima tahun 98 persen dicatat. Gondok atau nodul pada tiroid Anda dapat mengindikasikan kanker. Pastikan untuk mendiskusikan kemungkinan kanker dengan dokter Anda jika Anda mengalami masalah dengan tiroid Anda.

18. Tes sederhana dapat membantu menentukan kesehatan tiroid Anda


“Satu layar terbaik untuk menentukan apakah tiroid Anda kurang aktif atau terlalu aktif adalah tes darah hormon perangsang tiroid (TSH),” kata Dr. Narla. “Jika Anda hipotiroid, TSH akan tinggi; jika Anda hipertiroid, TSH akan rendah. Jika kadar TSH Anda normal, kecil kemungkinan gejala Anda terkait dengan tiroid, dan dokter Anda dapat melakukan evaluasi untuk mencari penyebab lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Cara Memperingati Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional

Tahukah Anda ada cara sederhana untuk menjadikan janji temu dokter yang akan datang menjadi pengalaman yang lebih baik? Selama Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional ini, pelajari kiat-kiat dari Amber Hayes, MD.

Menurut American Institute for Preventive Medicine , penelitian menunjukkan bahwa orang Amerika menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti pembelian mobil dan peralatan baru daripada mereka meneliti dokter dan rencana kesehatan.

Tapi Februari adalah Bulan Konsumen Kesehatan Nasional yang Bijaksana, yang merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan beberapa kebijakan kesehatan yang penting. Satu cara sederhana: Luangkan sedikit waktu untuk mempersiapkan janji temu kesehatan Anda berikutnya untuk hasil terbaik.

Menurut Amber Hayes, MD , dokter perawatan primer di Renown Medical Group , saran utama: Tuliskan.

"Jadi banyak orang akan membuat daftar pertanyaan yang mereka miliki untuk dokter mereka sehingga mereka tidak melupakan apa pun," kata Dr. Hayes. "Di l…

Resep Pangsit Goreng Renyah Isi Udang Giling

Bahan:

1 bungkus kulit pangsit250 gram daging ayam giling1 ons udang, giling1 ons tepung tapioka2 sdm tepung terigu2 batang daun bawang, iris tipis1 butir telur ayam





Bumbu Halus:

5 siung bawang putih1 sdt lada bubukgaram dan kaldu bubuk secukupnya





Cara Membuat:
Campur daging ayam udang dan daun bawang dengan semua bumbu halus.Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka lalu aduk rata.Masukkan telur ayam dan aduk rata.Masukkan isian dalam kulit pangsit.Bungkus kulit pangsit.Panaskan api dan goreng pangsit sampai kuning kecoklatan.Angkat dan tiriskan.

Resep Tongseng Kambing Maknyus

Bahan-bahan

Daging kambing - 500 gramDaun kol, iris kasar - 1/4 potongTomat muda, potong sesuai selera - 3 buahDaun bawang, iris - 1 batangKecap manis - 2 sdmCabe rawit utuh - 8 buahDaun salam - 1 lembarDaun jeruk - 3 lembarSerai, memarkan - 1 batangJahe, memarkan - 1 ruas jariAir - 1 liter




Bumbu Halus:

Bawang merah - 4 siungBawang putih - 3 siungKemiri - 3 butirCabai merah - 3 buahKetumbar - 1 sdtPala - 1/2 ruas jariGula - 1 sdtGaram - 1.5 sdtMerica - 1/4 sdt



Langkah

Rebus daging dengan daun salam dan serai lalu buang airnya. Potong-potong daging jadi ukuran kecil.Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum.Masukkan daging. Tuang air lalu aduk rata.Tambahkan kecap, gula, garam, dan merica. Masak sampai air mulai berkurang dan bumbu meresap.Masukkan daun kol dan daun bawang. Aduk rata.Bila daun kol sudah terlihat layu, masukkan tomat. Aduk sebentar lalu matikan apinya. Angkat.Siap disajikan.



Tips

Buang air rebusan pertama daging kambing untuk menghilangkan baunya.…