Langsung ke konten utama

Resep Roti maryam




Resep Roti maryam
Resep Roti maryam

Bahan :



  • 250 gr Tepung terigu serbaguna
  • 100 ml Susu cair
  • 1 butir Telur
  • 5 sdm butter margarin, cairkan
  • 5 sdm Minyak goreng
  • ½  sdt Garam
  • Air secukupnya






Cara membuat :


  1. Campurkan susu cair, telur, butter margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau balloon whisk hingga semua bahan tercampur. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  2. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyelsuaikan tekstur adonan. Tekstur adonan yang ideal untuk membuat roti maryam adalah seperti adonan kulit martabak telur. Adonannya lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis. Sesudah adonan kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam.
  3. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang. Sesudah 1 jam, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.
  4. Setelah didiamkan, adonan kini siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng. Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti saat tukang martabak membuat kulit martabak telur. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini adonan berbentuk seperti karpet yang digulung. Gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan. Kalau adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan kliri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah.
  5. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa. Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5-1cm atau sesuai selera. Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan. Sajikan roti maryam selagi hangat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Cara Memperingati Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional

Tahukah Anda ada cara sederhana untuk menjadikan janji temu dokter yang akan datang menjadi pengalaman yang lebih baik? Selama Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional ini, pelajari kiat-kiat dari Amber Hayes, MD.

Menurut American Institute for Preventive Medicine , penelitian menunjukkan bahwa orang Amerika menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti pembelian mobil dan peralatan baru daripada mereka meneliti dokter dan rencana kesehatan.

Tapi Februari adalah Bulan Konsumen Kesehatan Nasional yang Bijaksana, yang merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan beberapa kebijakan kesehatan yang penting. Satu cara sederhana: Luangkan sedikit waktu untuk mempersiapkan janji temu kesehatan Anda berikutnya untuk hasil terbaik.

Menurut Amber Hayes, MD , dokter perawatan primer di Renown Medical Group , saran utama: Tuliskan.

"Jadi banyak orang akan membuat daftar pertanyaan yang mereka miliki untuk dokter mereka sehingga mereka tidak melupakan apa pun," kata Dr. Hayes. "Di l…

Resep Pangsit Goreng Renyah Isi Udang Giling

Bahan:

1 bungkus kulit pangsit250 gram daging ayam giling1 ons udang, giling1 ons tepung tapioka2 sdm tepung terigu2 batang daun bawang, iris tipis1 butir telur ayam





Bumbu Halus:

5 siung bawang putih1 sdt lada bubukgaram dan kaldu bubuk secukupnya





Cara Membuat:
Campur daging ayam udang dan daun bawang dengan semua bumbu halus.Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka lalu aduk rata.Masukkan telur ayam dan aduk rata.Masukkan isian dalam kulit pangsit.Bungkus kulit pangsit.Panaskan api dan goreng pangsit sampai kuning kecoklatan.Angkat dan tiriskan.

Resep Tongseng Kambing Maknyus

Bahan-bahan

Daging kambing - 500 gramDaun kol, iris kasar - 1/4 potongTomat muda, potong sesuai selera - 3 buahDaun bawang, iris - 1 batangKecap manis - 2 sdmCabe rawit utuh - 8 buahDaun salam - 1 lembarDaun jeruk - 3 lembarSerai, memarkan - 1 batangJahe, memarkan - 1 ruas jariAir - 1 liter




Bumbu Halus:

Bawang merah - 4 siungBawang putih - 3 siungKemiri - 3 butirCabai merah - 3 buahKetumbar - 1 sdtPala - 1/2 ruas jariGula - 1 sdtGaram - 1.5 sdtMerica - 1/4 sdt



Langkah

Rebus daging dengan daun salam dan serai lalu buang airnya. Potong-potong daging jadi ukuran kecil.Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum.Masukkan daging. Tuang air lalu aduk rata.Tambahkan kecap, gula, garam, dan merica. Masak sampai air mulai berkurang dan bumbu meresap.Masukkan daun kol dan daun bawang. Aduk rata.Bila daun kol sudah terlihat layu, masukkan tomat. Aduk sebentar lalu matikan apinya. Angkat.Siap disajikan.



Tips

Buang air rebusan pertama daging kambing untuk menghilangkan baunya.…