Langsung ke konten utama

Selma Blair Menyinari Spotlight pada Multiple Sclerosis di Oscar


Selma Blair Menyinari Spotlight pada Multiple Sclerosis di Oscar
Selma Blair Menyinari Spotlight pada Multiple Sclerosis di Oscar
Upacara Oscar hari Minggu lalu memiliki banyak sorotan. Tapi di antara favorit kami: Kemenangan Selma Blair. Aktris itu turun ke karpet merah dengan gaun cantik sambil membawa tongkat kulit paten. Mengapa? Karena dia berada di tengah-tengah sklerosis multipel.

Kelelahan. Hilang ingatan. Ketidakmampuan untuk mengontrol fungsi motorik. Ini adalah gejala yang dialami oleh banyak orang yang menderita multiple sclerosis (MS). Namun publik mungkin sekarang belajar tentang penyakit ini, berkat penampilan upacara Oscar oleh aktris Selma Blair.

Diperkirakan lebih dari 400.000 orang di Amerika Serikat dan sekitar 2,5 juta orang di seluruh dunia menderita MS. Jadi apa itu MS, dan adakah yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya?

Multiple sclerosis, umumnya dikenal sebagai MS, adalah kondisi yang berpotensi melumpuhkan yang mempengaruhi sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang). Untuk orang dengan MS, sistem kekebalan tubuh mereka menyerang myelin (selubung pelindung) yang menutupi serat saraf. Ini menyebabkan masalah komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya.

Kami bertanya kepada Justine Brink , MD, Renown Institute for Neurosciences , apa lagi yang perlu kita ketahui tentang kondisi neurologis ini.

Mengapa diagnosis MS sangat sulit?

Tanda dan gejala MS sangat bervariasi, sehingga sulit didiagnosis. Gejalanya tergantung pada jumlah kerusakan saraf yang terjadi dan saraf yang terpengaruh. Beberapa orang dengan MS mungkin mengalami kehilangan kemampuan untuk berjalan secara mandiri atau tidak sama sekali, sementara yang lain mungkin memiliki periode remisi yang panjang tanpa gejala baru. Gejala MS dapat meliputi:
  • Mati rasa atau kelemahan pada tungkai biasanya terjadi pada satu sisi tubuh
  • Hilangnya penglihatan sebagian atau seluruhnya, biasanya pada satu mata pada satu waktu, sering disertai rasa sakit selama gerakan mata
  • Penglihatan ganda yang berkepanjangan
  • Kesemutan atau rasa sakit di bagian tubuh
  • Sensasi sengatan listrik terjadi dengan gerakan leher tertentu, terutama menekuk leher ke depan
  • Tremor, kurangnya koordinasi atau gaya berjalan tidak stabil
  • Bicara tidak jelas
  • Kelelahan
  • Pusing
  • Masalah dengan fungsi usus dan kandung kemih
Tidak ada tes khusus untuk MS, dan diagnosis sering datang dari mengesampingkan kondisi lain dengan gejala yang sama.

Obat dan perawatan apa yang tersedia?

Tidak ada obat untuk MS, tetapi ada perawatan untuk membantu mempercepat pemulihan dari serangan, mengelola gejala dan mengubah arah penyakit. Kortikosteroid dapat diresepkan untuk mengurangi peradangan saraf selama serangan MS. Ada juga beberapa terapi modifikasi penyakit yang dirancang untuk memperlambat perkembangan penyakit. Perawatan lain termasuk terapi fisik dan obat-obatan untuk mengurangi hal-hal seperti kelelahan, depresi dan rasa sakit.

Bisakah Anda mencegah MS?

Penyebab MS tidak diketahui dan karena itu tidak dapat dicegah. Namun, ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena MS seperti:

Walaupun MS dapat terjadi pada usia berapa pun, namun paling sering menyerang orang berusia antara 15 dan 60 tahun.
Wanita sekitar dua kali lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengembangkan MS.
Sejarah keluarga:   Jika salah satu orang tua atau saudara kandung Anda menderita MS, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit ini.
Perokok yang mengalami gejala yang memberi sinyal MS lebih cenderung mengembangkan kejadian kedua yang mengkonfirmasi MS daripada bukan perokok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Cara Memperingati Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional

Tahukah Anda ada cara sederhana untuk menjadikan janji temu dokter yang akan datang menjadi pengalaman yang lebih baik? Selama Bulan Konsumen Kesehatan Bijaksana Nasional ini, pelajari kiat-kiat dari Amber Hayes, MD.

Menurut American Institute for Preventive Medicine , penelitian menunjukkan bahwa orang Amerika menghabiskan lebih banyak waktu untuk meneliti pembelian mobil dan peralatan baru daripada mereka meneliti dokter dan rencana kesehatan.

Tapi Februari adalah Bulan Konsumen Kesehatan Nasional yang Bijaksana, yang merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan beberapa kebijakan kesehatan yang penting. Satu cara sederhana: Luangkan sedikit waktu untuk mempersiapkan janji temu kesehatan Anda berikutnya untuk hasil terbaik.

Menurut Amber Hayes, MD , dokter perawatan primer di Renown Medical Group , saran utama: Tuliskan.

"Jadi banyak orang akan membuat daftar pertanyaan yang mereka miliki untuk dokter mereka sehingga mereka tidak melupakan apa pun," kata Dr. Hayes. "Di l…

Resep Pangsit Goreng Renyah Isi Udang Giling

Bahan:

1 bungkus kulit pangsit250 gram daging ayam giling1 ons udang, giling1 ons tepung tapioka2 sdm tepung terigu2 batang daun bawang, iris tipis1 butir telur ayam





Bumbu Halus:

5 siung bawang putih1 sdt lada bubukgaram dan kaldu bubuk secukupnya





Cara Membuat:
Campur daging ayam udang dan daun bawang dengan semua bumbu halus.Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka lalu aduk rata.Masukkan telur ayam dan aduk rata.Masukkan isian dalam kulit pangsit.Bungkus kulit pangsit.Panaskan api dan goreng pangsit sampai kuning kecoklatan.Angkat dan tiriskan.

Resep Tongseng Kambing Maknyus

Bahan-bahan

Daging kambing - 500 gramDaun kol, iris kasar - 1/4 potongTomat muda, potong sesuai selera - 3 buahDaun bawang, iris - 1 batangKecap manis - 2 sdmCabe rawit utuh - 8 buahDaun salam - 1 lembarDaun jeruk - 3 lembarSerai, memarkan - 1 batangJahe, memarkan - 1 ruas jariAir - 1 liter




Bumbu Halus:

Bawang merah - 4 siungBawang putih - 3 siungKemiri - 3 butirCabai merah - 3 buahKetumbar - 1 sdtPala - 1/2 ruas jariGula - 1 sdtGaram - 1.5 sdtMerica - 1/4 sdt



Langkah

Rebus daging dengan daun salam dan serai lalu buang airnya. Potong-potong daging jadi ukuran kecil.Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum.Masukkan daging. Tuang air lalu aduk rata.Tambahkan kecap, gula, garam, dan merica. Masak sampai air mulai berkurang dan bumbu meresap.Masukkan daun kol dan daun bawang. Aduk rata.Bila daun kol sudah terlihat layu, masukkan tomat. Aduk sebentar lalu matikan apinya. Angkat.Siap disajikan.



Tips

Buang air rebusan pertama daging kambing untuk menghilangkan baunya.…